Mendapat Predikat Kampung Berkembang, Pobiatma Raih Piagam Penghargaan Dari DPMK Jayawijaya

Wamena, nirmeke.com – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Jayawijaya (DPMK) memberikan piagam penghargaan kepada kampung Pobiatma Distrik Asotipo Kabupaten Jayawijaya dalam rangka lomba antar kampung. Jumat (6/8/2021).

DPMK salurkan penghargaan diantaranya berupa piagam, Leptop, printer, jam dinding, disprlenser, piagam penghargaan, piala dan foto presiden dan wakil presiden.

Nelce Wamo selaku kepala Bagian Perencanaan Keuangan dan Aset Kampung mengatakan, beberapa waktu lalu di bentuk tim di tingkat kabupaten, mereka turun untuk survei di lapangan, setelah survei, tim mengevaluasi kinerja di setiap kampung untuk melihat kinerja dalam hal perkembangan kampung.

“Itu bukan hanya dari sisi kebersihan saja tetapi di semua lini . Menurut kami tim setelah dinilai skor yang kami satukan berdasarkan penilaian kami ada beberapa yang kami jadikan acuan untuk menilai. Dengan demiakian sesuai kesepakatan kami tim Kampung Pobiatma merupakan kampung yang sangat berkembang dalam hal semua program kerja kampung itu nyata ada di depan mata kita,” katanya.

Lanjutnya, Itu satu hal yang sangat positif dan kampung lain perlu di contohi dan menurut penilaian tim itu sesuatu yang luar biasa dengan demikian tim pun tidak hanya menilai tetapi mengukur semua kinerja untuk itu pada kesempatan ini DPMK turun bawah hadiah penghargaan.

“ini bukan semata-mata untuk hadiah yang perlu kita ketahui bersama terutama kepala kampung, aparat kampung kepala distrik, ini merupakan suatu motivasi karena kampung Pobiatm menjadi nomor satu dari total 328 kampung di 40 Distrik, ini suatu kebanggaan untuk kita,” katanya.

DPMK berharap agar terus meningkatkan program kerja, dan kerja sama selama ini terus di tingkatkan saling kerja sama dan koordinasi untuk tingkatkan pelayanan di kampung.

Sementara itu, Yunus Asso selaku kepala Distrik Asotipo mengatakan, program yang di susun tersebut dilaksanakan bersama dari 10 kampung yang ada dengan target saat ini hampir 80 persen program sudah terlaksana.

“Terutama jalan penghubung antar distrik ke kampung semua hampir selesai, pembangunan MCK, kolam, sawah, penanaman kopi (kebun kopi), terbak babi, sudah berjalan dan ada yang sudah selesai,” katanya.

Ia menambahkan, semua kegiatan yang dilakukan tidak terlepas dari dukungan DPMK dan pemerintah daerah terus mendukung dan mendorong agar program yang di usulkan distrik dan kampung terlaksana di lapangan.

Lanjutnya, membutuhkan saat ini di distrik Asotipo yaitu perumahan rakyat dan Penambahan dana pemberdayaan atau dana desa dan ini sangat minim.

“Karena itu kami sampaikan kepada DPMK untuk kedepan penghargaan dari pada hari ini di kampung kami ini perlu di data dan lihat masyarakat butuh rumah yang layak huni,” pesannya.

Ia menjelaskan beberapa perumahan rakyat yang ada ini merupakan bantuan melalui kementerian pusat PUPR tetapi sampai sejauh ini bantuan dari pemerintah Jayawijaya belum ada perumahan untuk itu kami minta kedepan PUPR kabupaten tolong memperhatikan kebutuhan masyarakat yaitu perumahan rakyat.

Wesakin Asso, selaku kepala kampung Pobiatma menyampaikan mengucapkan terima kasih atas penghargaan dan bantuan yang diberikan oleh pemerintah kabupaten Jayawijaya melalui DMPK yang mana telah datang mengunjungi tempat mereka sekalian serahkan bantuan hari ini.

“Untuk laporan pembangunan kampung sesuai program kampung kami sudah tempel semua di dalam kantor kampung,” katanya.

Kepala kampung juga berjanji dalam bulan Agustus ini akan berikan motor untuk gereja guna mempergunakan dalam pelayanan.

Ia berharap jika Tuhan kehendaki kami juga bisa masuk perlombaan kampung di tingkat Provinsi hingga di Jakarta (Nasional),” harapnya. (*)

Reporter : Teba Hisage

Editor: Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan