Pemkab Merauke MoU Dengan PLI Untuk Bangun SDM Anak Marin

Jayapura, nirmeke.com – Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) anak Marin di Merauke yang unggul dan dapat bersaing secara global dengan berkarakter dan memiliki kemampuan pengetahuan yang mapan, Pemerintah Kabupaten Merauke menjalin hubungan kerjasama pendidikan bersama Papua language Institute (PLI).

Kerjasama tersebut disambut baik bupati Kabupaten Merauke usai bertemu langsung direktur umum Papua language Institute Samuel Tabuni di kediaman Bupati Merauke pada, Sabtu, (27/3/2021).

Melalui pers release yang di kirim oleh direktur umum Papua language Institute Samuel tabuni mengungkapkan bahwa pemerintah Kabupaten Merauke telah bersepakat untuk melakukan kerjasama pendidikan guna meningkatkan SDM anak Marin di kabupaten Merauke dengan mempercayakan kepada PLI.

“Bupati Merauke percayakan kami untuk mendidik anak Marin dan kami siap menerima tanggungjawab ini dan sesuai dengan penyampaian Bupati bahwa beliau sangat mendukung agar anak-anak Marin dapat dibina kemampuan bahasa asing memiliki karakter dan mampu memiliki wawasan global dan bisa bersaing,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa dalam pertemuan tersebut Bupati sangat antusias dan sangat berharap agar kerjasama tersebut dapat segera dijalankan karena beliau akan mempersiapkan beberapa sarana yang menjadi kebutuhan pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Bupati sangat antusias dan akan memberikan dokumen berupa gedung bangunan agar menjadi tempat dimana anak-anak asli Marin dan juga anak Papua lainnya bisa dapat belajar bersama di kantor PLI di Merauke,” Katanya.

Samuel mengatakan sebagai lembaga dibawa naungan yayasan Maga Education Papua (MEP) foundation tersebut, PLI telah berhasil membangun kerjasama dengan beberapa negara untuk beasiswa pendidikan luar negeri seperti Jerman, Rusia, Inggris dan beberapa negara lainnya termasuk Papua Nugini pihaknya berkomitmen untuk terus membantu pemerintah Merauke dalam membina anak asli Marin yang berhak juga mendapat pendidikan yang lebih berkualitas.

“Dengan berhasil melakukan kerjasama dengan berbagai universitas di berbagai negara kami juga berencana akan membangun The International University of Papua dan ini membutuhkan tenaga pendidik yang berpendidikan tinggi dari anak-anak Papua sehingga dengan kerjasama ini akan membantu menghasilkan anak-anak Marin yang unggul dan mampu menciptakan generasi selanjutnya lebih unggul lagi, dan kami akan menyiapkan para tenaga pengajar dan juga kurikulum untuk mengajak anak-anak Marin di Merauke,” katanya.

Tabuni mengatakan bahwa Papua language Institute akan terus membuka diri kepada pemerintah daerah mana saja untuk bersama-sama membina sumber daya manusia Papua.

“Kami tetap membuka diri kepada pemerintah daerah siapa saja yang ingin peserta didiknya dibina Kami tetap siap, tetapi yang terpenting kita tetap bersama-sama berusaha untuk pengembangan sumber daya manusia di Papua dengan cara apapun itu baik lewat PLI maupun lewat lembaga pendidikan lainya,” katanya.

Drs. Romanus Mbaraka, bupati Merauke antusias menerima kehadiran PLI di Merauke guna membina dan menyiapkan SDM Marin yang ungul dan berkualitas serta berdaya saing.

“Kami juga telah menyiapkan gedung di sini untuk dipakai PLI mendidik anak-anak kami dan sebelumnya ada kerjasama pendidikan namun tetap berjalan baik sehingga ia berharap dengan hadirnya PLI pihaknya siap bekerjasama,” ungkapnya. (*)

 

Editor: Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan