Yoel Luiz Mulait Terpilih Sebagai Wakil Ketua I MRP

Jayapura, nirmeke.com – Majelis Rakyat Papua atau MRP telah melangsungkan pemilihan pergantian antar waktu jabatan Wakil Ketua I MRP pada Selasa (9/2/2021). Pemilihan itu dilakukan untuk mengisi jabatan Wakil Ketua I MRP yang kosong sejak Jimmy Mabel berhalangan tetap. Yoel Luiz Mulait akhirnya terpilih untuk mengisi jabatan itu.

Timotius Murib ketua Majelis Rakyat Papua mengatakan melalui rapat pleno menetapkan pimpinan terpilih pengganti antar waktu wakil ketua I MRP dan ketua Pokja Adat yang berhalangan tetap.

“Komposisi dari pada unsur pimpinan dan ketua Pokja Adat sudah di pilih tadi baik ketua, wakil dan sekretaris dan sudah ditetapkan tadi dalam pleno,” katanya.

Lanjutnya, unsur pimpinan yang terpilih tersebut diharapkan dapat bekerjasama dalam mendukung dan menjalankan program kerja dari lembaga MRP.

Yoel Luiz Mulait, wakil ketua I MRP terpilih bersyukur karena proses pemilihan PAW unsur pimpinan sudah selesai yang selama ini di emban oleh almarhum Jimmy Mabel.

“Agenda kedepan kita tetap berlanjut dengan kerja kita selama ini dalam rangka perlindungan, keberpihakan dan pemberdayaan terhadap orang asli Papua bersama dengan pimpinan lembaga MRP,” kata Mulait.

Mulait berharap baik pimpinan dan anggota MRP dapat menjaga kekompakan di lembaga MRP karena kita semua memiliki komitmen yang sama menyelamatkan tanah dan manusia Papua.

Pokja Agama mencalonkan enam anggotanya. Mereka adalah Pendeta Adolof Kogoya, Pendeta Stendy Penggu, Pendeta Samuel Waramori, Pendeta Nikolaus Degey, Dolince Mehue, dan Yoel Luiz Mulait.

Keenam calon itu kemudian dipilih oleh 41 anggota MRP yang menghadiri sidang pleno pada Selasa. Sejumlah lima anggota tidak hadir karena berada di luar daerah, sementara lima anggota lainnya berhalangan tetap.

Dari keenam orang yang dicalonkan itu, Yoel Luiz Mulait meraih suara terbanyak, yaitu 25 suara. Perolehan suara itu disusul oleh Adolof Kogoya (9 suara), Dolince Mehue (2 suara), Samuel Waramori (2 suara). Sementara Pendeta Stendy Penggu dan Pendeta Nikolaus Degey masing-masing mendapatkan satu suara. (*)

Reporter : 

Editor : Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan