KNPB: DPRP dan MRP Harus Mendukung Rakyat Papua Tolak Otsus

Jayapura, nirmeke.com – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sebagai media nasional rakyat Papua mewakili rakyat meminta kepada Gubernur, DPR Papua dan MRP untuk mendukung rakyat Papua menolak Otonomi Khusus Papua.

Hal tersebut ditegaskan Warius Sampari Wetipo, ketua I Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Pusat kepada suarapapua.com pada Jumat, (18/7/2020).

“Kami tegaskan agar DPR Papua Pansus Otsus, MRP hentikan pembahasan Otsus dan mendorong Petisi Rakyat Papua (PRP) yang didukung 23 organisasi masyarakat sebagai sikap bersama untuk tolak Otsus,” tuturnya.

Warpo menambahkan, DRP Papua dan MRP punya tanggung jawab mendukung rakyat Papua tolak Otsus di tanah Papua dan biarkan rakyat Papua yang tentukan nasib mereka.

“Rakyat Papua mau lanjutkan Otsus tau tolak dan minta referendum itu hak politik mereka sehingga berikan hak politik kepada rakyat, dibawah komando rakyat dan biarkan rakyat yang bertanggung jawab,” kata Warpo.

KNPB sebagai media rakyat Papua, menghimbau kepada masyarakat Papua baik pemuda, mahasiswa, tokoh agama, tokoh perempuan untuk waspada dengan pertemuan-pertemuan ilegal untuk mendukung Otsus yang mengatasnamakan rakyat Papua di Papua maupun di luar Papua.

Sementara itu, Staf ahli MRP, Andy Goo, mengatakan MRP saat ini sedang melaksanakan Kunker ke-tiga untuk tampung aspirasi rakyat tentang Otsus untuk selanjutnya MRP mengagendakan undangan kepada seluruh komponen rakyat Papua untuk mendengar aspirasi rakyat.

“Pertemuan-pertemuan ini untuk membahas dan menemukan variabel-variabel dari kenapa Otsus gagal dan apa yang diinginkan oleh rakyat Papua. Sehingga pada pertemuan Rapat Dengar Pendapat (RDP) ke-3 yang akan dibuat tahun ini atau awal tahun depan rakyat Papua bisa putuskan keinginannya” pungkas Goo yang juga adalah Dosen Antropologi Uncen. (*)

 

Sumber: Suara Papua

 

Tinggalkan Balasan