VIDEO: Kampung Sawesuma Tempat Bermainnya Cenderawasih, Spot Wisata Spektakuler

Sawesuma, nirmeke.com — Kampung Sawe Suma, distrik Unurumguay Kabupaten Jayapura, adalah tempat bermainnya burung surga, Cenderawasih. 

Lokasi ini direncanakan dijadikan spot wisata untuk umum yang diberi nama Hotep Sawesuma. Kampung Sawe Suma terletak di perbatasan Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayapura, Papua.

Di kampung tersebut tersimpan kekayaan alam hayati, terutama alam yang menyediakan satwa surga, seperti Cenderawasih, tetapi juga satwa lainnya. Kata Wakum, waktu bermain burung surga itu tergantung, bisa pada pagi hari, siang hari, tetapi juga bisa seharian hingga sore hari.

“Ada 5 jenis Cenderawasih yang sudah di identifikasi. Mereka selalu bermain di sini (Kampung Sawe Sume). Kalu waktunya bisa pagi, siang hingga sore. Sedangkan Cenderawasih jenis minor yang sudah terdata ada 15 ekor,” jelas Wakum belum lama ini.

Denis Wakum, salah satu anggota tim World Wide Fund for Nature (WWF Indonesia), bersama ondoafi dan masyarakat berencana untuk menjadikan tempat tersebut sebagai kampung wisata agar dapat dikunjungi para wisatawan lokal dan manca negara. (*)

Tinggalkan Balasan