SMANKOR Jayapura Juara umum Tinju Amatir antar pelajar se-tanah Papua

Caption: Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan arsip daerah provinsi Papua Christian Sohilait saat memberikan piala bergilir kepada Smankor Jayapura sebagai juara umum Tinju amatir antar pelajar se- tanah Papua, Minggu (8/3/2020) - Fhoto/Aguz Pabika

Jayapura, nirmeke.comSekolah Menengah Olahraga Keberbakatan (SMANKOR) Jayapura keluar sebagai juara umum di ajang Tinju amatir antar pelajar se- tanah Papua yang berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 5-8 Maret 2020 bertempat di Smankor Buper Waena.

Yan Ayomi, Kepala Sekolah SMANKOR Jayapura usai pertandingan mengatakan kegiatan ivent perlombaan tinju amatir antar pelajar se-tanah Papua guna mencari bibit-bibit atlit untuk dibina agar mereka handal dibidang mereka masing-masing tidak hanya di tinju.

“Ivent ini tidak hanya berakhir sampai disini namun akan terus dilakukan terutama di jenis perlombaan lain, baik angkat besi, tinju karate dan lainnya yang ada di Smankor agar kita hidupkan kembali kejayaan atlit Papua yang hilang ini,” katanya.

Ia menambahkan, Hasil Tinju amatir antar pelajar se- tanah Papua, petinju favorit young putra Pian Asso (Yahukimo), putri Jenni Kawai dan petinju favorit junior putra Marvin Orbabur, junior putri Laura Aura Purboyo.

Untuk petinju terbaik Cristian Yamok Wally 56 kg. Tim terbaik SMA negeri I Jayapura dan juara umum diraih oleh SMANKOR Jayapura. Dari sembilan kelas pertandingan, SMANKOR Jayapura meraih 5 medali emas dan satu perunggu.

Tinju amatir antar pelajar se- tanah Papua secara resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan arsip daerah provinsi Papua Christian Sohilait.

Ia memberikan apresiasi inisiatif dari kepala sekolah beserta staf Samnkor yang mengelar perlombaan.

“Saya pikir tinju di Papua saat ini agak sedikit vukum dengan tidak digelar kejuaraan tinju oleh Pertina dan Smankor berinisiatif untuk melakukan perlombaan ini dan ini kita apresiasi,” kata Kadis.

Di jelaskan kenapa di Ragunan menghasilkan banyak atlet-atlet karena mereka aktif sekali mengelar kejuaraan dan mereka selalu mengirim atletnya maka apa yang dilakukan Smankor sangat benar dan baik.

“Hari ini teman – teman Smankor datang melapor tentang kegiatan ini saya langsung respon untuk digelar kegiatan,” katanya.

Bahkan Mantan Sekda Lanny Jaya itu  mengatakan tidak hanya tinju kedepannya olahraga lain juga akan dirinya dukung untuk digelar di sekolah keberbakatan itu.

“Tidak hanya tinju, olahraga lain juga akan kita gelar di Samnkor, ini saya kira hal penting, karena anak-anak kita yang ada di seluruh Papua memiliki bakat dan mereka mau Salurkan tidak ada tempat dengan momen ini saya kira sangat baik,” katanya.

Ia mengatakan pertandingan tinju yang berlangsung yang disaksikan oleh beberapa pegawai Menpora mereka memberikan apresiasi dan melihat ada beberapa atlet potensial dari Papua yang layak untuk dikembangkan.

“Mereka (Pegawai Menpora) bicara dengan saya ada perempuan tiga yang luar biasa, dan 5 juga yang luar biasa untuk laki-laki dan mereka ini akan kita tandingkan diluar atau tidak, saya pikir Jika kegiatan ini sukses ada kegiatan di Manado ,Jakarta dan daerah lain kita akan tetap dorong mereka ini ikut, sehingga kita punya atlit – atlit ini mereka di siapkan mental dan juga fisik sejak dini,” katanya.(*)

Editor : Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan