Dolly Pince Waine, Mewakili Papua Ikut Pertukaran Pemimpin Pemuda Internasional se Asian di Malaysia

Jayapura, nirmeke.com –  Dolly Pince Waine, terpilih dan akan mewakili Papua dalam pertukaran pemimpin pemuda internasional (International Youth Leader Exchange 2020) di Kuala Lumpur, Malaysia yang akan berlangsung pada tanggal 8 -10 Maret 2020 mendatang.

Pertemuan kegiatan pertukaran pemimpin pemuda internasional sendiri akan dihadiri para pemimpin dari negara se-Asean. Ini adalah program pertukaran pengetahuan yang ditunjukan untuk se Asean global, dengan pengalaman internasional yang menginspirasi semua tentang pemaparan budaya, orientasi kampus dan perjalanan perusahaan.

Hal tersebut dikatakan Dolly Pince Waine, perempuan muda Papua yang terpilih mewakili Papua dalam ajang internasional di Kuala Lumpur, Malaysia. Minggu, (16/2/2020).

Fokus dari pertemuan pertukaran pemimpin pemuda internasional, tidak hanya menyiapkan tour pendidikan tetapi juga program yang bermakna dengan tujuan pembelajaran.

“program ini berupaya untuk mengaris bawahi prinsip-prinsip yuniversal dan nilai-nilai kepemimpinan yang melampaui perbedaan nasional dan budaya sambil menyoroti pendekatan inovatif demi pengembangan masa depan yang lebih baik,” kata Waine.

Mantan pewarta jurnalis warga (noken wene) Wamena ini mengatakan, manfaat dari mengikuti pertukaran pemimpin pemuda internasional (International Youth Leader Exchange 2020) di Kuala Lumpur, Malaysia adalah pertama orientasi universitas dan pertukaran pelajar, kedua pemaparan budaya dan ketiga eksplorasi perusahaan.

“manfaat dari kita mengikuti kegiatan ini diberi sertifikat internasional se Asean sehingga yang memiliki sertifikat ini berhak untuk melamar beasiswa dan bekerja di perusahaan dengan ruang lingkup se Asean,” katanya.

Meskipun uang pendaftaran dan tiket pulang-pergi di tanggung peserta, ini momen langka yang tidak semua orang dapat sehingga dirinya memanfaatkan kesempatan tersebut meskipun harus mengeluarkan uang pribadi , karena yang paling penting untuk dirinya pengalaman dan pengetahuan.

“pertukaran ini melalui jalur LSM dan saya kebetulan dari LIPI Papua dan juga punya LSM sendiri dengan nama Lembaga Kajian Daerah Papua (LKDP) sebagai direktur dan yang pertama ada di Papua,” kata Waine.

Sementara itu Ardiansa Rahmawan, program director of studec international dalam surat perjanjian tertulis bahwa Dolly Pince Waine terpilih menjadi peserta dalam surat perjadiannya yang dikirim pertukaran pemimpin pemuda internasional (International Youth Leader Exchange 2020) mewakili Papua dari proses seleksi yang ketat secara online dari se Asian global.

“dalam surat perjanjian tersebut Dolly Pince Waine, sebagai pererta menyetujuan dan bersedia untuk mengikuti dan mematuhi bentuk program dan agenda yang telah disusun oleh pihak penyelengaran semoga bisa mendapat pengetahuan dan pengalaman baru disana,” harapnya. (*)

Editor : Aguz Pabika 

Tinggalkan Balasan