Orang Indonesia Tidak Tahu Malu Di Salomon

Oleh: Checarson Lagowan

 

ORANG INDONESIA TIDAK TAHU MALU DI SOLOMON

Bagaimana mungkin ada seorang Indonesia (Diduga sipil atau militer) secara berani hendak menyita bendera BK (Bintang Kejora) yang dikibarkan dalam acara festival di Solomon kemarin oleh para pendukung kemerdekaan West Papua di sana.

Tanpa berpikir panjang seorang Indonesia yang diduga militer ini langsung mau menarik bendera Bintang Kejora yang dipasang depan sebuah stand. Perilaku itu mendapatkan reaksi perlawanan dari orang Solomon yang ada di sekitar tempat itu dengan mempertahankan dan mengamankan bendera BK tsb.

link video: https://www.youtube.com/watch?v=t0ibk8x8a9o

Lantas dari insiden ini menunjukan sebuah potret watak invasif, tidak beretika, tidak sopan dan tidak pahamnya orang melayu Indonesia selama ini. Orang ini kira disana Salomon itu, Papua sehingga dengan sewenang-wenang dapat menangkap bahkan melakukan represif terhadap warga Salomon seperti kelakuan mereka di Papua selama ini.

Walau bagaimana pun sikap ini telah menunjukan realitas watak dan karakter kolonialisme Indonesia yang selama ini diterapkan di Papua. Ini telah jadi bukti bagi rakyat Kepulauan Solomon untuk terus mendukung kemerdekaan rakyat West Papua. Ini bukti nyata atas sikap tidak dewasa Indonesia dalam melihat solidaritas melanesia selama ini.

Semoga dengan insiden ini pula rakyat Solomon terus mendorong proses penentuan nasib sendiri rakyat West Papua kepada pemerintahnya. Bagi Indonesia ini satu langkah maju dalam menstimulus lahirnya gerakan solidaritas Melanesia untuk West Papua.

 

Tinggalkan Balasan