Pemuda Lanny Jaya Minta Pelantikan DPRD Lanny Terpilih Dipercepat 

Jayapura, nirmeke.com Melihat situasi pelantikan anggota DPRD terpilih Kabupaten Lanny Jaya yang belum dilantik sampai Januari, pemuda minta pemerintah Lanny Jaya segera memberikan penjelasan serta mempercepat pelantikan.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lanny Jaya, Aman Kogoya, mengatakan pelantikan DPRD terpilih seharusnya dipercepat oleh pemerintah daerah dan bila terjadi kendala harus disampaikan kepada publik penyebabnya. Rabu, (8/1/2020), kepada wartawan di Jayapura.

“DPR Sementara yang lama, masanya itu habis di tanggal 12 Desember maka seharusnya dalam bulan itu juga harus ada pelantikan, tetapi pada kenyataanya tidak ada pelantikan sampai Januari dan sampai sekarang ini juga tidak ada titik terang kapan tanggal pelantikannya,” katanya.

Dikatakan sebagai pemuda dirinya menilai seharusnya DPRD terpilih itu sudah kerja di tahan 2020 ini.

“Sementara fungsi pengaragan legislatif  harus jalan karena awal tahun ini harus ada reses dewan ke daerah daerah pemilihan untuk penyusunan Musrembang dengan target APBD Induk 2021,” katanya.

Ia juga  menilai  bahwa pemerintah daerah kurang jelih melihat hal ini, sementara tugas tugas dewan itu terjadi kekosongan.

“Sementara aktivitas pemerintah sudah jalan jadi fungsi DPRD ini siapa yang jalankan?,” katanya.

Ia beharap kepada pemerintah daerah harus memberikan penjelasan dan informasi kepada publik kendala yang dihadapi.

“Jangan sampai terkesan ada muatan politik sekwan juga kami minta bergerak cepat kami harapkan dalam bulan Januari ini segera proses SK DPRD secepat mungkin,”katanya.

Sementara itu Yuli Kogoya, ketua KPU Lanny Jaya berharap proses pelantikan 25 DPRD terpilih ini dapat dilantik di bulan Januari sehingga dapat mengisi kekosongan kursi legislatif tersebut.

“Masyarakat menilai KPU yang menghambat proses ini namun kami ingin tegaskan bahwa itu bukan lagi wewenang KPU melainkan Pemerintah Daerah sehingga harus ditanyakan kepada mereka,” katanya. (*)

Editor  : Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan