Siapkan SDM Hubula Dibutuhkan Komitmen Bersama Pemda Jayawijaya dan HIPMAJA

Jayapura, nirmeke.com Menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Hubula dibutuhkan peran dan dukungan Pemerintah Daerah kabupaten Jayawijaya, terutama organisasi pelajar dan mahasiswa agar karakter intelektualitas mereka terbentuk dalam organisasi.

Martinus Mabel, ketua panitia penerimaan anggota baru HIPMAJA kota studi Jayapura mengatakan kegiatan yang berlangsung empat hari tersebut benar-benar diikuti secara seksama karena materi yang disampaikan dapat meningkatkan pemahaman mereka sebelum terjun ke dunia kampus dan organisasi lokal di Jayapura.

“Penerimaan ini diikuti 67 peserta masing-masing perwakilan dari 40 distrik yang ada di Jayawijaya. Dengan tujuan materi maupun pengalaman yang dibagikan menjadi bekal mereka agar kelak berani berbicara didepan umum dan punya pemikiran yang cerdas,” katanya.

Ia juga berharap materi yang akan disampaikan oleh pihak Komnas HAM, Akademisi Uncen, pihak gereja, Pemda Jayawijaya dan lainnya dapat dipahami baik oleh kita bersama.

Sementara itu Jayapura Tabuni, pengurus Himpunan Pelajar Mahasiswa Jayawijaya (HIPMAJA) kota sty Jayapura mengatakan kegiatan ini seharusnya dilakukan tahun 2018 namun terkendala karena miskomunikasi dengan Pemda sehingga tidak berjalan maksimal.

“Miskomunikasi antara pengurus HIPMAJA dan Pemda ini menyebabkan terhambatnya kegiatan mahasiswa. Dan tahun ini baru berjalan kegiatan mahasiswa ini. Karena komunikasi yang dibangun Pemda selalu baku tolak tanggungjawab terutama hak mahasiswa dan peningkatan kapasitas mahasiswa,” katanya.

HIPMAJA berharap kedepannya komunikasi ini terus dibangun dan berjalan baik sehingga apa yang menjadi kebutuhan mahasiswa dan pelajar dapat dipenuhi.

Sementara itu Yops Itlay, senior HIPMAJA menegaskan dalam kegiatan seperti ini pemerintah harus jeli melihat dan merespon kedepan dengan membangun komunikasi yang baik. Karena yang dibentuk disini adalah SDM Jayawijaya sehingga perlu ada kerja sama yang baik kedepannya dalam menyiapkan SDM Hubula yang berkualitas.

“HarusHarus ada kerja sama kedepan agar bisa siapkan SDM. Tidak hanya melalui kuliah namun kegiatan organisasi seperti ini dapat menyiapkan SDM yang handal juga dengan materi yang berbobot dengan mendorong dan mendukung HIPMAJA dalam  hal finansial guna menyiapkan SDM,” katanya.

Kedepannya  tingkatkan kegiatan skill lebih agar input yang kami buat, output juga jelas. Jangan sampel kegiatan besar tapi tidak ada hasil sehingga  hasilnya itu menjadi tanggung jawab senior, pengurus  HIPMAJA dan pemerintah itu bertanggungjawab penuh menyiapkan SDM Hubula yang baik. (*)

Reporter : – 

Editor : Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan