Bangun SDM Lani Jaya, Mahasiswa Distrik Tiom Harus Tampil Beda dan Siap Bersaing

Jayapura, nirmeke.com Mahasiswa Papua merupakan barometer pembangunan di tanah Papua, dan juga sebagai sumber daya manusia Papua, harus dibekali dengan pengetahuan, keterampilan di tambah dengan fasilitas yang memadai guna membangun karakter manusia Papua yang cerdas.

Hal tersebut dikatakan Vincen Yigibalom, perwakilan senior mahasiswa Lani Jaya kota studi Jayapura dalam memotivasi mahasiswa Papua khususnya dari Lani Jaya dalam menempuh pendidikan tinggi di berbagai perguruan tinggi di Jayapura. Minggu, (17/11/2019).

Ia mengatakan, mahasiswa Papua sekarang di fasilitasi oleh Pemda setempat namun fasilitas tersebut belum dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan mereka baik di dunia kampus maupun organisasi sebagai tempat pengembangan diri para mahasiswa.

“untuk distrik Tiom sebagai barometer pembangunan kabupaten Lani Jaya, mahasiswa harus punya pengetahuan dan keterampilan yang bisa di andalkan, jangan ikut ramai dengan perkembangan (pergaulan) sekarang karena akan merusak moral mahasiswa kedepan,” katanya.

Ia juga menegaskan untuk para mahasiswa baru untuk mempunyai target dalam menyelesaikan kuliah, agar tidak membuang waktu bertahun-tahun di kota karena belum selesai.

“tugas senior saat ini mendidik mahasiswa baru agar punya pola pikir yang baik dan memiliki daya saing, mulai disiapkan saat ini agar ketika selesai turun ke kabupaten langsung mentransfer ilmu tersebut ke masyarakat untuk membangun kampung halaman yang lebih baik,” katanya.

Sementara itu pengurus ikatan mahasiswa Tiom kabupaten Lani Jaya Asmin Yigibalom, menambahkan mahasiswa Papua harus tampil beda, dan harus siap bersaing dengan memanfaatkan fasilitas yang di siapkan Pemda di bawah wadah Himpunan Pelajar Mahasiswa Lani Jaya (HPMJ), melakukan diskusi, seminar dan pelatihan.

“mahasiswa Papua terutama Tiom, jangan ikut ramai, tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusak moral mahasiswa Papua,” katanya.

Lanjutnya, bila mahasiswa mengalami kendala atau kekurangan dalam pengembangan kapasitas, bisa berkordinasi dengan pengurus HMPJ untuk di sampaikan ke Pemda dan Pemda punya tanggung jawab untuk memfasilitasi mereka sebab mereka aset Pemda. (*)

 

Reporter  : Agus Pabika

 

Tinggalkan Balasan