Elsham Latih Mahasiswa Mendokumentasikan Masalah HAM Papua Dalam Kliping

Jayapura, nirmeke.com Elsham Papua menggelar pelatihan membuat Kliping dengan sistem exive. Dengan Thema “Pelanggaran HAM Bidang Sipil Politik” kegiatan tersebut berlangsung di Asrama Uncen Unit Mambruk (Sakura) Pada Sabtu, (05/10/2019).

Derek Windesi selaku manajer program Elsham Papua mengatakan, program kliping itu salah satu program devisi informasi dan dokumentasi yang ada di Elsham Papua.

“Teman-teman dari (infodok) ini coba melihat bagaimana kliping ini bagaimana koran-koran yang ada di kantor Elsham agar manfaatkan adik-adik mahasiswa yang ada disini sambil melatih mereka untuk bagaimana mendokumentasikan informasi yang ada di koran menyangkut hal yang menjadi perhatian dari Elsham masalah Hak Asasi Manusia (HAM),” katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh teman-teman informasi dan dokumentasi dengan melibatkan adik-adik mahasiswa ini untuk buat kliping terkait HAM.

Sementara itu, Albert Kafyar selaku Senior Asrama (UNCEN) Unit Mambruk mengatakan, kami menyampaikan apresiasi kepada Elsham Papua karena melihat dari pengalaman dan perjalananan dari elsham selama ini.

“Kami selaku salah satu senior asrama sangat berterima kasih karena kegiatan ini sangat positif buat adik-adik yang tinggal di asrama ini merupakan awal. Dan pengalaman ini bisa membuat adik-adik bernotifasi tentang bagaimana belajar melihat media dan bagaimana membuat rangkaian-rangkaian,” katanya.

Melalui pelatihan ini adik-adik ini bisa belajar di bidang politik, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya. Sistem Exive. Sistem exive yaitu kebalikan dari sistem ordner. Cara pembuatan kliping dengan teknik exive menitikberatkan pada bahan yang digunakan seperti; majalah, surat kabar, dan lain-lain secara kronologis dalam jangka waktu tertentu.Contoh kliping dengan teknik exive yaitu kliping dengan bahan majalah yang terbit dri Jubi, Cendrawasih Pos (Cepos), Harian Pagi Papua dan Bintang Papua.

Kami berharap dari kegiatan ini ada peningkatan lebih dari proses pelatihan kliping hari ini terus meningkatkan sampai bisa membuat naskah untuk sebuah pemberitaan.

Kami juga berharap kepada Elsham Papua terus memberikan pelatihan seperti dan kegiatan hari ini bukan akhir tetapi ini merupakan awal, maka untuk kedepannya terus meningkatkan, ujarnya.(*)

 

Reporter     : Teba Hisage
Editor         : Aguz Pabika

 

Tinggalkan Balasan