Mahasiswa di Kota Jayapura Diimbau Ggunakan Noken ke Kampus

Jayapura, nirmeke.com – Legislator Kota Jayapura mengimbau kepada mahasiswa dan masyarakat Papua untuk menggunakan noken sebagai bagian dari melestarikan warisan budaya.

Abisai Rollo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jayapura yang hadir pada kegiatan eksebisi kampus USTJ Jayapura mengingatkan kepada seluruh mahasiswa untuk selalu menggunakan noken di lingkungan kampus.

“Tidak hanya mahasiswa, tapi para dosen juga saya harap gunakan noken baik itu kampus PTN/PTS guna bagian dari melestarikan warisan budaya,” katanya, Jumat (9/8/2019).

Menurutnya, selain untuk melestarikan budaya, pemakaian Noken juga merupakan bentuk dukungan untuk pemberdayaan mama-mama Papua yang memproduksi noken.

Sementara itu Alexander Gobai Presiden Mahasiswa BEM Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) mengatakan, USTJ sudah menjalin kerjasama dengan mama-mama pengerajin noken di papua. Hasil karya mereka dipamerkan sekaligus dijual di lingkungan kampus untuk menambah pendapatan mereka.

“Ini bagian kami memberdayakan mama-mama karena dari hasil noken ini juga mereka membiayai anak-anaknya untuk kuliah,” katanya. (*)

 

Editor  : Agus Pabika

 

Tinggalkan Balasan