Pemerintah akan promosikan sagu dan Jus buah Pinang  pada PON 2020

Jayapura, nirmeke.com Pemerintah kota Jayapura berharap pangan lokal Papua dapat di manfaatkan baik menjadi makanan dan minuman agar dapat di promosikan sebelum Pekan Olaraga Nasional (PON) 2020 berlangsung agar dapat meningkatkan perekonomian mama-mama Papua.

Hal tersebut dikatakan H. Rustam Saru, selaku wakil walikota Jayapura menghadiri kegiatan Klasterisasi Pembuatan Makanan Olahan Berbahan Dasar Sagu dan Buah Pinang bersama mama-mama Papua di pasar mama-mama Papua tadi. Kamis, (4/7/2019).

“tidak hanya sagu dan buah pinang yang akan di promosikan saat PON namun pangan lokal Papua lainnya juga perlu di angkat agar dapat dimanfaatkan oleh peserta PON nanti,” katanya.

Lanjutnya, menu lokal ini juga akan di produksi untuk di manfaatkan oleh tamu dan peserta PON yang akan datang, dan menjadi contoh yang baik untuk meningkatkan ekonomi lokal serta meningkatkan pendapatan masyarakat mama-mama Papua.

“pemerintah akan bina dan kembangkan agar kita sama-sama mempromosikan pangan lokal dengan cara pemberdayaan dengan harapan dapat didorong dengan baik dengan pembinaan agar ada peningkatan pendapatan,” katanya.

Ia menambahkan apa yang di lakukan hari ini pemerintah akan awasi, Permodalan Nasional Madani (PNM) akan membina, mendidik agar mereka sejahtera tinggal pemerintah lakukan pemasaran tergantung kualitas rasa dan informasi (promosi) ini yang kami akan lakukan.

Frengky Warer, ketua Solidaritas Pedagang Asli Papua ( Solpap) menambahkan apa yang kita lakukan saat ini guna memperkuat kapasitas mama-mama Papua dalam mengembangkan perekonomian mereka tidak hanya pada momen PON 2020 namun setelah PON mereka harus tetap eksis dalam perekonomian mereka. (*)

 

Editor      :  Agus Pabika

 

Tinggalkan Balasan