Papua terpilih sebagai penyaji materi terbaik nasional

Jakarta, nirmeke.com – Tim Papua yang diwakili oleh Sanggar Seni Nafas Danau Sentani (NDS) Kampung Yokiwa Distrik Sentani Timur, meraih penghargaan Penyaji Terbaik Tingkat Nasional dalam Konser Karawitan Anak Indonesia (KKAI) Di Gedung Kesenian Jakarta. Penghargaan ini merupakan akumulasi kriteria lomba yang diikuti oleh 28 Provinsi di Indonesia.

Komposer dan Pengamat Musik Indonesia, Bens Leo, mengatakan penampilan Papua pada ajang Nasional kali ini sangat luar biasa. Menurutnya, suara dari timur yang menjadi background pementasan mereka ini sangat sempurna, tetapi juga seirama dengan musik serta gerak tari yang dimainkan.

“Komposisi dan gerak secara keseluruhan berdasarkan aktualisasi Dan kondisi daerah yang saat ini terjadi. Banjir bandang di sentani sudah diketahui secara nasional tetapi juga international. Lalu ada pesan moral tentang lingkungan yang disampaikan dalam penampilan Kali ini. Atas nama lima dewan juri yang memberikan penilaian, kami menyampikan selamat dan sukses buat papua, secara kusus adik -adik dari sentani,” ujar Bens Leo usai acara penutupan Konser Karawitan Anak Indonesia di Gedung Kesenian Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Hal senada juga disampaikan oleh Gilang Ramadan, Komposer dan Pengamat Musik Indonesia sekaligus juri dalam kegiatan tersebut. Menurutnya penampilan anak-anak dari Timur Indonesia, kususnya Papua, sudah tidak diragukan lagi. Kata Gilang, sejak awal penampilan peserta Papua sudah menjadi bahan diskusi dewan juri.

“Sangat istimewa sekali, komposisi gerak dan lagu yang dimainkan. Penguasaan panggung serta tingkat kesulitan yang tidak dimiliki oleh peserta lain. Jangankan tingkat nasional seperti ini, tinggal dipoles sedikit saja bisa keliling dunia, salut buat adik – adik kita, ” pungkasnya. (*)

 

Sumber : Jubi.co.id

 

Tinggalkan Balasan