10 pilot asli Papua siap ikuti program type rating

Jayapura, nirmeke.com – 10 Pilot Orang Asli Papua (OAP) Siap mengikuti program type ratingBoeing 737-800 NG dan Cessna 208 Caravan, sebelum bekerja di perusahaan penerbangan yang ada di Indonesia.

Kesepuluh pilot asal Papua yang akan mengikuti type rating yakni, Johanes Wakum, Soni Raweyai, Gestian Karafir, Mozsad Windesi, Romeo Muyapa, Erick Bairi, Restiana Zakinah, Levinus Gobay, Alfrida Pekey, dan Alfred Ohee.

“Kalian harus buktikan kalau Papua bisa. Nanti setelah selesai, pemerintah Papua secepat mungkin berkoordinasi dengan pihak penerbangan sehingga kalian bisa berkarya di Garuda dan sebagainya,” kata Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, di Jayapura kemarin.

Ia tekankan, pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Lukas Enembe tidak pernah menutup mata untuk melihat perjuangan anak-anak Papua.

“Yang terpenting kalian bisa sukses. Silahkan ikuti program ini dengan baik dan penuh kerendahan hati. Bahkan jangan sombong karena kesombongan akan menjatuhkan kita,” ujarnya.

“Saya yakin Tuhan pasti akan menolong kalian sampai sukses. Saya juga minta kepada setiap orang tua untuk memberikan dukungan moril dan doa. Intinya, lakuka yang terbaik untuk tanah Papua,” sambungnya.

Johanes Wakum, Ketua Papua Pilot Community menyampaikan terimakasih kepada pemerintah Papua karena telah memberikan sumbangsih kepada anak-anak Papua.

“Kami selesai pendidikan pilot Banyuwangi tahun 2016, tetapi masih harus mengambil type rating. Untuk itu, kami memerlukan dukungan pemerintah Provinsi Papua,” ujar Wakum.

Ia katakan, pilot asli Papua akan berdiri setara dengan para pilot yang ada di Pulau Jawa. Untuk itu, pihaknya akan menjadikan Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen sebagai bapak asuh agar bisa selalu mendampingi.

“Pemda sudah memberikan anggaran yang besar. Dengan demikian kami anak-anak Papua juga harus memberikan timbal balik yang besar juga. Kami pasti bisa,” katanya. (*)

 

Sumber : Jubi.co.id

 

Tinggalkan Balasan