Gubernur Papua siapkan lahan pembibitan pohon di Pegunungan Cycloop

Jayapura, nirmeke.com – Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku pihaknya akan menyiapkan lahan seluas 3 hektare untuk dipakai menanam bibit pohon, yang nantinya akan ditanam di sepanjang Pegunungan Cycloop yang sudah rusak.

“Untuk pemulihan Cycloop harus ada penyelesaiaan yang tuntas, saya diberi tugas oleh BNPB untuk siapkan lahan pembibitan pohon yang akan ditanam di kawasan cycloop yang rusak,” kata Enembe, di Jayapura, Selasa (2/4/2019).

Mengenai jenis pohon, dirinya sudah meminta pihak Universitas Cenderawasih (Uncen) untuk mencarinya, yang jelas harus memiliki nilai ekologis dan ekonomis.

“Yang jelas pohon yang akan ditanam harus memiliki akar kuat, sehingga mampu menahan, menampung dan meresap air,” ujarnya.

Saat ditanya soal anggaran, kata Enembe, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten harus bekerjasama, dengan harapan rehabilitas kawasan Cycloop bisa berjalan baik.

“Soal ini nanti kami bicarakan lagi, karena provinsi tidak mungkin bekerja sendiri. Terutama dalam penyiapan lahan pembibitan pohon,” katanya.

Selain melakukan penanaman kembali, kata Enembe, pihaknya juga akan melakukan relokasi warga yang mana sudah disepakati. Apalagi Presiden Jokowi juga sudah meminta agar masyarakat tidak boleh berlama-lama di posko.

“Yang akan direlokasi ada sekitar 7 ribu orang, namun kami sudah minta bupati untuk mendata ulang masyarakat yang benar-benar kehilangan rumah,” ucapnya. (*)

 

Sumber: Jubi.co.id

 

Tinggalkan Balasan