Komunitas Sahabat Lensa Sorong Raya Papua Barat patner Papuansphoto Dibentuk

Sorong, nirmeke.com  Komunitas Papuans Foto terus mengembangkan sayap ke berbagai daerah di Papua. Kali ini Papuans Foto juga terbentuk di Kabupaten Sorong, Papua Barat. Peresmian komunitas foto dan videografi yang dilaksanakan di Kampung Wisata Malaumkarta Distrik Makbon ini dihadiri langsung oleh Whens Tebay pendiri Papuans Foto.

Whens Tebay mengatakan, tujuan dari dibentuknya komunitas Papuans Photo ini untuk membantu pemuda Papua mengembangkan bakat dan potensi di bidang film dan fotografi.

“Kita anak-anak Papua sendiri mau berkarya di mana anak Papua sendiri berkarya lewat foto dan video supaya hasil seni bisa menjadi berguna bagi kita orang Papua terutama di bidang ekonomi, kesehatan, budaya, pendidikan, seni bahkan pemerintahan baik yang bersifat dokumentasi atau bersifat universal,” katanya.

Menurut Whens Tebay, pembentukan komunitas ini akan terus dilakukan di kabupaten dan kota di Papua seperti Lany Jaya, Mamberamo Tengah, Yalimo, Yahukimo, Nabire, dan kabupaten lainnya.

“Kami punya target kami bentuk cabang papuans photo ini di seluruh kabupaten di tanah Papua yaitu di kepala burung sampai ekor. Kami mengucapkan terima kasih karena teman-teman dari Sorong sudah merespons dengan  baik dan bersedia untuk bekerja dan berkarya bersama-sama untuk majukan daerah,” katanya di Jayapura, Senin (1/4/2019).

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sorong, Henny Mamusong mengapresiasi dibentuknya komunitas Papuans Photo di Sorong. Menurutnya ini sejalan dengan program Dinas Pariwisata yang pada 2019 akan fokus mengembangkan pariwisata di kampung-kampung. Diharapkan komunitas ini bisa membantu Pemkab untuk mempromosikan pariwisata lewat media fotografi.

“Mudah-mudahan komunitas yang mau bergabung besok, kita bukan cuman bicara tetapi kita bisa eksis di lapangan dan jika dari komunitas Papuans photo ada masukan silakan beri masukan ke kami,” katanya.

Menurutnya ada banyak potensi pariwisata di Sorong yang bisa menjadi objek foto dan film dari komunitas ini. Selain membantu promosi, kegiatan para pemuda yang tergabung dalam komunitas diharapkan juga membawa dampak bagi warga di sekitar lokasi wisata.

“Kalau ramai kunjungan warga sekitar juga bisa mendapat manfaat misalnya dari berjualan cindera mata atau oleh-oleh khas Papua,” ujarnya.

Di sisi lain, Anggota Papuans Photo cabang Sorong, Ricky Eramury berharap, adanya komunitas ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk mengembangkan kemampuan fotografi para anggota. Ia juga berharap hasil karya fotonya nanti bisa bermanfaat bagi Sorong dan Papua secara luas.

“Melalui hasil kita punya foto wisata juga bisa jadi salah satu unsur yang bisa membangun kita di kabupaten Sorong ini,” katanya. (*)

 

Reporter    : Teba Hisage
Editor          : Agus Pabika

 

Tinggalkan Balasan