Mengaktifkan akses penerbangan Internasional di Biak jadi Program stategis KNPI Papua 

Biak, nirmeke.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Albert G. Wanimbo mengatakan, Program strategis KNPI pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke – XV yaitu dengan membuka akses penerbangan dari Biak – Honalulu (Hawaii) dan Los Angels, serta penataan Potensi wisata di pulau Biak.

“Jalur penerbangan ini sudah lama terputus itu yang kami akan coba membicarakan bersama pemuda mengusulkan kepada pemerintah provinsi Papua, kementrian terkait untuk mengaktifkan kembali akses penerbangan,”kata Albert Wanimbo. Selasa (26/3/2019).

Wanimbo mengatakan, apabila dengan dibukanya akses ransportasi udara Biak – Honolulu (Hawaii) – Los Angeles – Inggris  ini akan memberikan peningkatan PAD terbesar dari kabupaten Biak dan juga Biak sebagai kota pariwisata.

Albert Wanimbo mengatakan, pihaknya juga akan membuka akses dari Meepago, Lapago ke wilayah Saireri.

“Kalau di Biak banyak ikan yang selama ini belum tersalurkan dengan baik hal ini yang akan kami upayakan agar ikan ini bisa dikirim ke pegunungan, dan dari pegunungan kita kirim sayur buah buah ke Saireri, semuanya bisa berjalan demi kemajuan Papua,” katanya.

Albert Wanimbo mengatakan, selama ini banyak hotel-hotel yang tidur dan suvenir-suvenir yang tidak dioptimalkan dengan baik dan beredar di Papua maka dengan adanya penerbangan ini akses ini bisa disalurkan di Papua maupun ke luar Papua serta luar negeri.

“DPD KNPI akan bekerja secara maksimal komunikasi dengan pihak terkait dan kementerian di Jakarta untuk kembali membuka akses bandara internasional Kaisiepo kembali akan kami dorong  untuk di Biak,” katanya.

Legislator Papua Karolus Boli mengatakan, pihaknya mendukung pernyataan Albert Wanimbo untuk membuka akses pesawat udara dari Biak menuju Honalulu – English – Jepang.

“Untuk meningkatkan pariwisata lokal di daerah dan peningkatan ekonomi akan terjadi karena devisa masuk bagi pemerintah provinsi Papua,”katanya.

Karolus mengatakan, pengembangan potensi pariwisata di Biak menjadi sangat penting. Sebab dengan dibukanya akses dari Honalulu, Los Angeles, Jepang dan Pasifik.

“Maka akan mendatangkan banyak pariwisata mancanegara otomatis Biak dan provinsi Papua akan meningkat drastis,” katanya.

Menurut Carolus Boli, dirinya sudah mengonsepkan dan gubernur di Manado sudah  menerapkann konsep tersebut. Konsep yang dipakai oleh Gubernur Manado itu sejak lama, ia mengonsepnya. Dan hari ini mereka dapat meningkatkan potensi pariwisata bagi masyarakat di Manado. (*)

Reporter  : Teba Hisage

Editor        : Agus Pabika

Tinggalkan Balasan