Ini alasan DPD KNPI Papua mengelar Raker di Biak

Biak, nirmeke.com Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua Albert G. Wanimbo mengajak pemuda Papua harus bangkit. Dalam Rapat Daerah (Rakerda) berlangsung di Gedung Wanita Biak pada Rabu, (20/03/2019).

Albert Wanimbo mengatakan, para pemuda potensial yang hadir dan para pengurus DPD KNPI provinsi Papua kita akan berusaha meletakan dasar-dasar bijak dan pikir untuk membangun pemuda kedepan dalam melayani masyarakat melalui wadah KNPI.

Untuk itu, melalui Raker KNPI provinsi Papua ini kita akan berusaha merumuskan setiap program-program prioritas dan program-program keunggulan yang nanti kemudian kita rekomendasikan kepada bapak gubernur Lukas Enembe, S.I.P., M.H dan bupati-bupati se-tanah Papua.

“Adapun pikiran-pikiran kita yang pertama ada sejumlah agenda yang kami tetapkan disini bagaimana kita akan bekerja sama antara pemerintah provinsi Papua melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD-SKPD) terkait,” katanya.

kata Wanimbo, tetapi juga ada pikiran-pikiran strategis lainnya yang nanti kita minta dukungan dari pemerintah provinsi Papua untuk merekomendasikan setiap program-program prioritas kita kepada kementerian terkait.

Salah satunya yang menjadi pikiran prioritas kita untuk generasi emas Papua, maka generasi emas Papua ini yang sampai putus, kita berharap kedepan akan ada panti-asuhan di papua.

Pikiran-pikiran seperti ini yang kita akan coba minta kepada gubernur untuk merekomendasikan kementerian sosial dan dinas terkait lainnya supaya bisa membantu anak-anak Aibon, anak jalanan untuk kita bisa di bina di panti-asuhan ini merupakan salah satu contoh kasus.

“Hal-hal seperti ini kita akan bahas di dalam Raker supaya apa yang kita pikirkan dan satukan semua,” katanya.

Ia menambahkan KNPI sengaja  memilih untuk Raker di Biak karena salah satu keperhatinan kita yang cukup dalam bahwa kota Biak dulu terkenal dengan dunia luar karena bandara udara Frans Kaisiepo pernah memiliki jalur Internasional dari biak ke Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Hal ini salah satu yang menjadi keprihatinan DPD KNPI Provinsi Papua melakukan kegiatan-kegiatan disini untuk bagaimana bersama-sama dengan pihak pemerintah provinsi Papua dan kita akan sama-sama bersuara kepada Presiden Republik Indonesia dalam bentuk apapun.

“Kita akan buat kegiatan seminar-seminar besar untuk bagaimana membuka akses-akses yang terputus disini. Kita lihat bahwa kota Biak adalah tempat cocok untuk disini adalah sektor pariwisata,” katanya.

Wanimbo menambahkan, karena kami melihat hotel-hotel dan pariwisata lainnya tidak tergarap dengan baik. Untuk itu pemuda Papua hadir disini untuk berusaha semaksimal mungkin  semampu kami untuk membantu pemerintah kabupaten biak Numfor untuk menyuarakan ini kepada pemerintah provinsi Papua dan juga di tingkat pemerintah pusat.

“Dalam rangka PON 2020 apalagi di Biak ini  ada banyak klaster-klaster dan juga Serui. Jalur ini sangat penting supaya orang-orang yang datang dari luar itu datang tidak melalui Jakarta dan Bali saja tetapi langsung ke Papua untuk menyaksikan PON.”

Kata AGW kami berharap juga melalui momentum ini kami akan bangun komunikasi dengan seluruh  bupati-bupati supaya akses untuk penyaluran ikan-ikan dari daerah pantai bisa sampai ke gunung dan sayur-sayur segar dari gunung bisa sampai ke daerah pantai.

“Kita berharap juga kepada pemerintah provinsi Papua tolong menjadwalkan kita nanti setelah kita pulang dari Biak kita meminta kepada pemerintah provinsi Papua untuk menyiapkan waktu untuk kita mempresentasikan hasil dari Raker ini,” katanya.

Lanjutnya semua hasil Raker DPD KNPI Papua akan diserahkan juga kepada pemerintah provinsi Papua serta seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota di provinsi Papua. (*)

 

Reporter : Teba Hisage

Editor      : Agus Pabika

Tinggalkan Balasan