Produk lokal khas Papua akan jadi cendera mata PON 2020

pedagang mama-mama Papua saat menjajakan jualan hasil kerajinan tangan - nirmeke/WP

Jayapura, nirmeke.com Produk lokal khas Papua akan jadi cendera mata Pekan Olahraga Nasional 2020 mendatang. Ketua Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Musa Haluk mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya sedang berkoordinasi dengan Koni Papua.

Menurutnya, KAPP dipercaya untuk mempersiapkan para pengrajin lokal yang nantinya akan memproduksi berbagai kerajinan khas Papua dan dipasarkan selama penyelenggaraan PON.

“Sudah kami kordinasikan dengan kepala KONI Papua dan mereka juga berharap KAP bisa merangkul semua pengusaha dan pedagang untuk terlibat memasarkan produk mereka dalam bentuk cendera mata,” katanya, Rabu (27/2/2019).

Musa mengatakan, dengan melibatkan para pengrajin dan mama – mama Papua, diharapkan mampu menghidupkan geliat ekonomi di Papua selama PON berlangsung. Tak hanya kerajinan, nantinya para perajin dan mama – mama Papua juga akan memproduksi makanan dan minuman khas Papua.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Dominikus Surabut mengatakan, Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) adalah representatif dari orang-orang asli Papua. Diharapkan dengan bergabungnya para pengrajin lokal bisa membantu membangun tanah Papua di bidang perekonomian utamanya bagi masyarakat Papua asli.

“Jangan menjadi pengusaha setengah-setengah, tapi harus loyal untuk mengangkat perekonomian Papua. Saya harap pengurus baru harus aktif, transparan untuk membawa pengusaha Papua lebih maju kedepan,” katanya. (*)

 

Editor  : Agus Pabika

 

Tinggalkan Balasan