Makin banyak Penghuni, Pemda Jayawijaya didesak segera resmikan asrama Nayak I

Jayapura, nirmeke.comPengurus Asrama Mahasiswa, Pelajar Jayawijaya  (AMPJ) bersama pengurus Himpunan Pelajar Mahasiswa Jayawijaya (HIPMAJA) kota studi Jayapura meminta kepada pemerintah kabupaten Jayawijaya untuk segera meresmikan gedung asrama Nayak I yang sudah di bangun mengunakan anggaran APBD tahun 2015-2017.

Melianus Asso ketua asrama nayak I Pemda Jayawijaya Kamkey mengatakan desakan ini mengigat lamanya proses pengerjaan dan penghuni asrama yang sudah ada semakin penuh terutama di dua asrama putra yang ada di kota Jayapura. Rabu, (20/2/2019).

“Banyaknya penghuni di dua asrama putra, pelajar maupun mahasiswa yang ingin belajar terganggu,” katanya.

Melianus menjelaskan selain terganggunya aktivitas belajar, fasilitas kamar penguni sudah penuh sehingga ada penghuni lain memilih tidur melantai.

Sementara itu Obianus Meaga ketua asrama Nayak II tanah Hitam menambahkan selain keluhan diatas, desakan peresmian asrama Nayak I ini juga mengingat tahun ajaran baru 2019-2020 asrama akan melakukan penerimaan penghuni baru ini akan mempengaruhi daya tampung pelajar dan mahasiswa di asrama.

“Waktu ujian nasional semakin dekat, setelah dengar hasil pasti mereka yang mau kuliah di kota Jayapura akan datang dan mengisi asrama, sedangkan saat ini saja kita kewalahan menampung penghuni,” katanya.

Kata Obianus, syukur kalau mereka yang ingin kuliah orang tua mereka punya penghasilan tetap. Bagaimana dengan orang tua mereka yang berprofesi sebagai petani, pastinya akan tinggal di asrama yang sudah di siapkan Pemda Jayawijaya.

Sementara itu Yoni Alua ketua Himpunan Pelajar Mahasiswa Jayawijaya (HIPMAJA) kota studi Jayapura mengatakan desakan penghuni asrama sudah di sampaikan kepada Pemda melalui dinas terkait namun belum juga diresmikan.

“Dari komunikasi kami kepada Sekda Jayawijaya, Auditor masih melakukan audit pengunaan dana pembangunan asrama Nayak I namun setelah itu nantinya bisa digunakan,” kata Joni, meniru ucapan Sekda Jayawijaya.

Dengan demikian, HIPMAJA mendesak agar proses audit di percepat agar penguni bisa mendapat tempat yang layak untuk mereka melakukan aktifitas kuliah, organisasi mahasiwa dan diskusi guna mempersiapkan intelektual yang bermanfaat untuk masyarakat Jayawijaya kedepan,” katanya.

Pembangunan asrama Nayak I kamkey, anggaran yang di alokasikan sebesar Rp11 Miliar. Anggaran tersebut berasal dari APBD Tahun 2015-2017, anggaran tersebut di khususkan untuk merampung pembangunan asrama tiga lantai. (*)

Editor       : Agus Pabika

 

Tinggalkan Balasan