12 sekolah tak beroperasi, itu tanggung jawab kabupaten Jayawijaya

Jayapura, nirmeke.com – Tidak beroperasinya 12 sekolah di Kabupaten Jayawijaya, Papua menjadi tanggung jawab penuh Dinas Pendidikan daerah setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda, mengatakan 12 sekolah yang tidak beroperasi itu, rata-rata setingkat Sekolah Dasar (SD).

“Saya belum dapat informasi resmi terkait ini, hanya karena ini tingkat SD, maka menjadi tanggung jawab dinas pendidikan setempat,” kata Wonda kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (16/1/2019).

Menurut ia, dengan adanya kabar tidak beroperasinya sekolah harus segera ditindak lanjuti pemerintah Kabupaten Jayawiya bersama Dinas Pendidikan setempat, dengan turun langsung ke lokasi sekolah guna mengecek permasalahan yang terjadi.

“Harus turun ke lokasi biar tahu apa permasalahannya. Mungkin saja itu sekolah-sekolah yang letaknya jauh dari kota. Tapi masalah ini sepenuhnya jadi tanggung jawab kabupaten sepenuhnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Jayawijaya John Richard Banua mengatakan 12 sekolah di wilayahnya sudah tidak beroperasi lagi, bahkan itu sudah terjadi pada lima tahun terakhir.

“12 sekolah yang tidak aktif sama sekali itu tersebar di daerah pinggiran,” kata Banua.

Untuk itu, dirinya berencana akan mengundang dinas pendidikan setempat untuk mendengar langsung penjelasan masalah pendidikan yang dihadapi .

“Data sekolah ada, tapi saya belum menerima laporan lengkap dari Dinas Pendidikan terkait belasan sekolah yang tidak aktif ini,” ujarnya. (*)

 

Sumber: Tabloidjubi.com

 

Tinggalkan Balasan