Warga Organda minta dibuatkan drainase dari mulut goa ke kali Acai

Jayapura, nirmeke.com – Pengerukan selama ini yang di lakukan pemerintah kota Jayapura melalui Dinas Pekerjaan Umum kota Jayapura di bagian depan Organda bukan bagian dalam jalannya saluran air dari Perumnas 4 ke mulut goa.

Tonix Tumeno ketua RW 04 Perumahan Organda mengatakan permasalahan yang dihadapi warga Organda adalah bagaimana mengeluarkan air yang banyak tersebut keluar dari Organda.

“Karena jalan satu-satunya di sana ada semacam goa tapi pemerintah harus mencari solusi lainnya lagi seperti memasang pompa air dan membuat saluran air (drainare) dari goa tersebut membuat paralel mengunakan pipa ke saluran yang ada di depan hotel 77 karena kami sudah beberapa kali survei bisa,” katanya.

Ia mengatakan usulan ini bila dilakukan akan mengurangi debit air yang tergenang di Organda ketika hujan turun dan itu juga solusi yang kami usulkan.

Sementara itu Yunus Pulalo mengatakan masalah banjir ini bagaimana kita mencari solusi agar kedepan tidak terjadi banjir dan bagaimana menguranginya.

“Masalah mulut goa kita tidak bisa harapkan lagi tapi pemerintah harus cari jalan keluar lain mengeluarkan air selain dari mulut goa tersebut dengan membuat drainase air yang keluar dari mulut goa ke kali Acai,” katanya.

Ia mengatakan ketika dibuatkan drainase ini kami yakin kedepan Organda akan aman. Selalu pemerintah keruk di mulut gua saja, itu tidak akan membawa perubahan dan Organda akan terendam dan tidak akan aman.

“Pemerintah tolong bantu kami untuk buat drainase baru keluar dari mulut goa dan kasih keluar di kali Acai. Dulunya sungai tersebut ada di hotel 77 karena penduduk membuat bangunan di jalur sungai akhirnya tertutup dan air yang harusnya langsung ke kali Acai tertampung di Organda,” harapnya.(*)

Editor  : Admin

Tinggalkan Balasan