Elisabeth Salon Hadir untuk cegah perempuan Papua rebonding rambutnya

Jayapura, nirmeke.com Menekuni suatu usaha membutuhkan niat dan kemauan yang keras agar usaha tersebut tetap berjalan baik dan eksis sehingga dapat bersaing dalam perekonomian.

Salah satunya adalah Elisabet Salon milik perempuan Papua yang berlokasi di Perumnas 2 Waena di mana Salon tersebut melayani ayam rambut, sambung hingga gimbal rambut.

Pemilik Salon Elisabeth Eti Tebay kepada media mengatakan keinginan awal untuk membuat salon karena ia sering melihat kebanyakan perempuan  Papua ke Salon untuk Ribonding rambut, hilangkan Rambut keriting dengan cara meluruskan rambut.

“saya buka salon dengan tujuan Mencegah perempuan Papua Rebonging rambut, Biar perempuan Papua ke Elisabet salon sehingga mereka bisa mengepang rambut dan Sambung rambut Walaupun rambutnya di sambung dengan rambut imitasi tetapi tujuan utamanya agar rambut kiritingnya tetap terjaga,” katanya.

Baju (pakaian) yang lagi dipajang depan Elisabet Salon Perumnas 2 Waena

Ety memulai usaha salon dari Tahun 2011 Di kabupaten Nabire. Salon pertama yang ia jalankan di Kabupaten Nabire dengan nama Eti Salon melayani sambung, anyam, dan gimbal rambut. Dengan modal awal Rp.150 juta dengan perincian mengontrak tempat Rp.50 juta dan untuk belanja perlangkapan salon Rp.100 juta.

“ternyata banyak pelanggang yang berminat dan datang untuk anyam dan sambung ramvut akhirnya ada yang punya niat untuk buka Di Bukit Meriam dan Siriwini Nabire.”

Lanjutnya, Tahun 2014 ia sudah masuk kuliah di kampus  Yapis Jayapura sehingga susah untuk dirinya membagi waktu antara kuliah dan salon sehingga membuat ia susah untuk kontrol ke Nabire.

“karena fokus kuliah, tahun 2015 saya tutup dan tahun 2016 buka kembali di Jayapura dengan nama Elisabet Salon yang berlokasi di perumnas 2 Waena ini.”

Karyawan Elisabet Salon di Waena, Jayapura

Eti berharap dengan adanya Elisabet Salon ini dapat menambah lapangan pekerjaan bagi mereka yang memiliki keahlian dalam ayam dan sambung rambut. Harapan Biar bakat mereka dapat mereka aplikasikan melalui Dunia kerja itu (Anyam mengayam rambut).

“Rencana akan buka kembali di Nabire dan Elisabet Salon akan buka cabang di Sentani dan Jayapura Kota.”

Elisabet Salon selain melayani anyam, gimbal dan sambung rambut di samping itu Elisabet Salon juga menjual aksesoris-aksesoris khas Papua seperti gelang, anting, sepatu hingga pakaian (baju) yang di anyam dengan benang menyerupai baju, tas dan topi dengan berbagai warna dan ukuran.

“kerajinan tersebut baik noken dan lainnya di buat oleh Karyawan dan mama-mama Papua dan yang kita pesan di luar Sepatu Rajut sama Dompet Rajut dan semua tersedia di Elisabet Salon,” tambahnya.(*)

Editor  : Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan