MRP dan Gubernur Papua akan dorong Perdasus KTP lokal OAP

Jayapura, nirmeke.com Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menegaskan akan mendorong pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) lokal Orang Asli Papua (OAP) di tanah Papua untuk menghitung jumlah penduduk asli pribumi Papua.

Hal tersebut di sampaikan ketua MRP Timotius Murib dalam sambutan di Hut MRP ke-13 beberapa waktu lalu. Jumat, (2/11/2018), Jayapura, Papua.

Ia berharap dengan adanya KTP lokal Papua ini dapat mendata jumlah semua orang asli Papua di tanah Papua. Dan MRP akan dorong hal tersebut dalam Perdasus.

“Meskipun orang Papua sudah memiliki KTP Nasional maupun elektronik, mereka juga harus memiliki KTP lokal OAP,” tegas Timotius.

Sehingga MRP bisa mengetahui jumlah pertumbuhan dan kematian orang asli Papua secara berkala. Bila dibiarkan kami tidak sadar bahwa OAP akan habis dan musnah di atas tanahnya sendiri.

Sementara itu di tempat terpisah Gubernur Papua, Lukas Enembe akhir pekan lalu menyatakan kembali mendorong pembuatan KTP OAP dan akan melibatkan seluru sinode gereja di Papua dalam program itu.

“Gereja memiliki data lengkap anggota jemaatnya. OAP harus dibuat sendiri agar jumlahnya dapat diketahui pasti,” kata Lukas Enembe.

Pada kepemimpinannya periode lalu menurut Enembe, ia telah meminta seluruh bupati (wali kota) di Papua membuat data base OAP. Namun hingga kini sebagian besar belum terealisasi. (*)

 

Editor   : Admin

One Comment on “MRP dan Gubernur Papua akan dorong Perdasus KTP lokal OAP”

Tinggalkan Balasan