Rugby jadi pilihan untuk alihkan keterkaitan pada Miras dan Narkoba di Papua

Jayapura, nirmeke.com Olaraga Rugby merupakan kegiatan yang positif dan cocok untuk generasi muda Papua sekarang. Permainan Rugby akan membuat anak muda Papua bisa jauh dari Miras dan Narkoba.

“Mereka bisa jauh dari hal negatif ini dan fokus di olaraga Rugby,” kata Couch Theo Joku, pelatih Maoro Lakers ketika di temui jubi saat latihan di lapangan sepak bola Barnabas Youwe, Hawai, Sentani. Kamis, (25/10/2018).

Kata Theo, Perkembangan olaraga Rugby di Papua mulai tahun 1996 hingga tahun 2018 sekarang ada perubahan besar sekali, lebih banyak putra putri yang bergabung di tim.

“Biasa yang ikut gabung dan latihan dari SD, SMP dan SMA banyak yang tertarik dengan olaraga seperti ini. Ada juga yang tidak kerja atau kuliah tapi mereka bergabung karena tertarik dengan olaraga ini,” katanya.

Katanya, Ini bebas baik umur berapa saja bisa gabung dan berlatih, dengan tujuan putra-putri Papua juga harus maju di dunia olaraga Rugby.

“Di Timika ada Taco atau Rugby liga dan Rugby Union. Rugby Liga masih baru. Semua lebih pilih itu Rugby Union yang lebih kasar tapi peraturannya lebih ketat. Jayapura, Sentani baru Rugby Union dan juga minggu depan tim kami (Maoro Lakers) akan sparing dengan tim dari Wutung. Mau main tuch atau dua tangan,” katanya.

kata Theo, sejauh ini belum ada perhatian dari Pemda maupun Pemprov Papua terkait olaraga Rugby ini, terutama bantuan dan fasilitas pendukung tim.

“Paling sering yang memberikan bantuan dari komunitas Rugby, khususnya presiden Rugby Papua Yansen Tinal selalu mendukung kami dalam ivent apapun,” katanya.

Ia berharap putri-putri Papua lebih memilih Rugby dari pada mendapat masalah di luar (negatif) baik di jalan, maupun keluarga dan mereka bisa lampiaskan semua di olaraga Rugby ini, karena permainan olaraga Rugby lebih kepada membentuk disiplin diri sendiri.

Sementara itu pemain Rugby Maoro Lakers, Febby Rumbewas berharap ada pelatih dari PNG yang dapat membagi pengalaman di Papua agar Rugby di Papua dapat berkembang baik terutama di kota Jayapura.

“Ada Rugby Port Numbay, Holandia, Manuay Yoka, Wariors, KRC dan Maoro Lakers. Semoga Rugby di Papua dapat berkembang di semua kota/kabupaten di tanah Papua,” katanya.

Untuk diketahui Olaraga Rugby yang ada di Jayapura seperti Holandia dari Jayapura, Manuwai dari Yoka, Black Warior dari Taruna Bakti, Kenambai-Umbai Rugby dari Sentani dan Maoro Lakers. Ini belum termasuk dengan tim lain yang ada di kabupaten lain seperti di Timika dan Tembagapura. (*)

 

Editor  : Admin

Tinggalkan Balasan