Sekretariat DPR Dogiyai Luncurkan Call/SMS Center

Dogiyai, nirmeke.com – Dalam rangka menjaring semua aspirasi dari masyarakat seluruh pelosok kabupaten Dogiyai, Sekretariat  dewan perwakilan rakyat (DPR) Kabupaten Dogiyai melakukan peluncuran Call/SMS Center melalui nomor 08114777007.

Call/SMS Center dinilai sangat baik dalam menjaring seluruh aspirasi. Pasalnya, selama ini banyak sekali persoalan yang terjadi dalam kalangan warga Dogiyai yang tidak diketahui oleh DPR dan pemerintah Dogiyai.

“Kami sediakan ini (Call/SMS Center) supaya bisa menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini tidak dijawab,” ungkap Sekretaris DPR Dogiyai, Max Yobee, usai lakukan Peluncuruan Call/SMS Center di Aula DPR Dogiyai, Jumat (12/09) siang.

Selama ini, kata Max Yobee, aspirasi dari seluruh warga Dogiyai tidak pernah sampai di sekertariat. Akibat, para DPR tidak pernah lakukan tugasnya dengan baik. Sehingga, berbagai persoalan ditengah warga Dogiyai yang mestinya diketahui DPR dan pemerintah Dogiyai.

“Pembakaran Puskesmas Modio, distrik Mapia Tengah merupakan contoh paling konkrit. Ini akibat tidak tersalurnya persoalan yang ada ditengah warga kepada DPR dan pemerintah Dogiyai,” jelas mantan Kabag Hukum Pegunungan Bintang itu

Dengan adanya Call/SMS Center ini Yobee meminta kepada seluruh lapisan warga Dogiyai agar aktif melaporkan berbagai persoalan yang ada ditengah-tengah masyarakat.

“Kami (Sekertariat DPR) akan layani 24 jam. Masalah apapun yang ingin mau sampaikan kepada DPR maupun pemerintah Dogiyai pada bidang apa saja, kami akan himpun semua dan sharing semua lalu akan ditindak lanjuti,” katanya lagi

Tentang Call/SMS Center ini, mantan Kasat PolPP Nabire ini meminta agar selama beberapa bulan kedepan akan dikenakan biaya pada penelpon. “Awal tahun depan, kami akan bicara lagi dengan Telkomsel agar bebas pulsa untuk penelpon,” jelasnya

Diapresiasi Pemkab Dogiyai

Asisten I Dogiyai, Nason Pigai mengapresiasi program Call/SMS Center yang diluncurkan sekertariat DPR tersebut. Hal tersebut merupakan satu langkah kemajuan di Dogiyai yang mesti didorong bersama.

“Ini hal baru bagi Dogiyai. Kami (Pemkab Dogiyai) sangat mengapresiasi dengan langkah ini. Ini satu kebutuhan besar di Dogiyai yang telah dijawab,” kata Nason.

Nason menjelaskan, hingga saat ini Dogiyai terlilit dengan berbagai masalah. Sehingga, semua pihak harus berupaya untuk mencari solusi dengan berbagai cara untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

“Kami (Pemkab Dogiyai) menyampaikan trimakasih kepada Bapak Max Yobee, yang sudah menjawab satu persoalan dari masyarakat,” kata Nason Pigai

Program Call/SMS Center yang diprakarsai oleh Sekretaris DPR (Sekwan) Dogiyai, Max Yobee yang saat ini sedang mengikuti ujian PIM II di Makasar. Dalam pendidikan perjenjangan dalam karier seorang ASN. Dalam keikutsertaannya pendidikan PIM III selama empat bulan itu Max Yobee diminta untuk harus punya sebuah proyek perubahan daerahnya.

“Saya pikir-pikir, salah satu cara paling ampuh dan singkat untuk berusaha menjaring aspirasi dan masalah yang ada di Dogiyai, harus dengan cara begini (buka program Call/SMS Center),” ungkap Max Yobee.

Program tersebut, untuk di tanah Papua baru di kota Jayapura dan Dogiyai. Sehingga, langkah yang diambil Max Yobee perlu didukung bersama.

“Sehingga, kedepan Sekwan harus ada kerja sama dengan semua SKPD, terutama kepada Kominfo dan Humas dibagian Setda Dogiyai,” minta Nason.

Harus Disosialisasi ke Seluruh Warga

Kepala Distrik Dogiyai, Willem Tagi mengatakan program Call/SMS Center tersebut sangat baik untuk warga Dogiyai. Pasalnya, hal itu akan membantu menyampaikan seluruh persoalan yang ada pada warga tanpa melalui proses yang panjang.
Tagi mengungkapkan, selama ini yang terjadi, berbagai persoalan yang terjadi tidak pernah sampai kepada DPR dan Pemkab Dogiyai. Karena, warga Dogiyai ‘takut’ sambangi pengambil kebijakan di Dogiyai

Sehingga, melalui Call/SMS Center akan menjadi sebuah sarana yang baik bagi warga. “Jadi, saya minta kepada sekertariat DPR yang sudah lahirkan program ini harus sosialisi kepada warga di Dogiyai. Ini sangat bagus sekali,” ungkap Tagii

Senada disampaikan Kepala Distrik Kamuu Timur, Aleks Pigai. Menurut dia, DPR tidak pernah turun ambil persoalan. Sama juga dengan Pemkab Dogiyai.

“Sehingga, Call/SMS Center sangat membantu kami di distrik. Kami juga akan sampaikan kepada warga melalui para kepala-kepala desa dan seketertaris kampung. Tapi, kami minta sekertariat DPR harus turun langsung kepada warga dan sosialisasi,” kata Aleks Pigai.

Reporter  : Philemin Keiya

Editor       : Admin

Tinggalkan Balasan