Wisata Sejarah Masuknya pekabaran Injil di Lembah Balim

Jayapura, nirmeke.com – Lokasi Wisata Sejarah Masuknya lnjil di Lembah Baliem ini merupakan salah satu lokasi Wisata Rohani di Wilayah Tenggara Kota Wamena. Tepatnya berada di Distrik Asotipo atau sekitar ± 13 km dari Kota Wamena.

Menurut sejarah pada tanggal 20 April 1954, sejumlah Missions dari Amerika termasuk didalamnya, Dr. Myron Bromley tiba dilembah Baliem. Tim Misionaris ini menggunakan pesawat kecil yang mendarat di sungai Baliem tepatnya di Kampung Minimo. Tugas utamanya adalah memperkenalkan misi agama Nasrani kepada orang Dani di Lembah Baliem. Pusat Misionaris pertama didirikan di Hitigima.

Tugu peringatan berupa patung kepala suku besar Ukumhearek Asso, didirikan pada tahun 1991 oleh mantan Bupati Jayawijaya J.B. Wenas. Hal ini dilakukan sebagai Monumen Sejarah Masuknya Pekabaran Injil di Tanah Pegunungan Tengah (Kabupaten Jayawijaya).

Pribadi Kepala Suku Besar Ukumhearek Asso adalah di sebut-sebut juga salah seorang Kepala Suku Besar yang menerima masuknya wilayah Pegunungan Tengah Jayawijaya bergabung dengan NKRI pada penandatanganan perjanjian Pepera Tahun 1969.

Lokasi wisata sejarah masuknya Pekabaran Injil di lembah Baliem berada di kampung Hitigima Distrik Asotipo dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4, ataupun dapat menggunakan jalur angkutan umum dengan kode trayek “SG” (Wawena Sogokmo-Yetni) yang melewati kampung ini dengan biaya sebesar Rp. 15.000.

Untuk masuk sebaiknya berkonsultasi terdahulu dengan penjaga lokasi wisata sebelum  memasuki areanya. (*)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: