Wisata alam dan sejarah sumber air garam Putagaima

Jayapura, nirmeke.com Lokasi Wisata Sumber Air Garam Tradisional (Putageima) Putagaima di Distrik Asotipo juga merupakan salah satu objek wisata yang unik dam bersejarah. Hal ini merupakan salah satu keajaiban ciptaanNya. Disaat masyarakat sekitar belum mengenal garam toko, mereka telah menggunakan sumber air garam tradisional ini sebagai pelengkap ± 22 km terletak di Kampung Air Garam Putagaima di Distrik Asotipo.

Sumber Air Garam Tradisional ini dipergunakan sebagai bahan penyedap rasa secara tradisional dimana masyarakat. membawa bahan masakan seperti sayur mayur, kemudian di rendam lalu dibawa kembali ke kampung halamannya.

Wisata Alam Sumber Air Garam Putagaima ini berwarna bening seperti air tawar Namun jika di kecap, airnya terasa asin (bergaram). Sumber Air Garam Putagaima ini merupakan salah satu wisata alam dan wisata sejarah yang cukup unik karena lokasinya yang berdekatan dengan sungai air tawar yang berjarak sekitar ± 30m dan tepat berada dibawah kaki gunung.

Untuk mencapai lokasi Wisata Alam Sumber Air Garam Putagaima, dapat ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4 ataupun dengan angkutan umum trayek SG dengan ongkos sebesar Rp. 15.000, Setelah turun di jalan raya Wamena Sogokmo Kurima, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 2 km atau dapat menggunakan jasa tukang ojek.

Memasuki lokasi Wisata Alam Sumber Air Garam Putagaima ini, belum ditarik biaya ataupun retribusi bagi para pengunjung, namun sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan kepala kampung atau warga di lokasi wisata ini sebelum memasuki areanya. (*)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: