Berita Fhoto – Cerita kelam pasar Youtefa

Jayapura, nirmeke.com – Pasar Youtefa berada di pingiran pantai Engros, Abepura. Pasar yang satu ini di sebut juga sebagai pasar regional karena banyak pedangan yang datang berjualan di sini karena tempat dan letaknya sentral dan strategis.

Pedagang yang datang biasanya dari Koya, Keerom, Arso, Jayapura kota hingga Sentani datang berjualan dan berbelanja ke sini.

Kendati demikian pasar yang satu ini paling di takuti oleh para pedagang yaitu ketika hujan yang terus menerus menguyur kota Jayapura karena yang pastinya akan mengakibatkan banjir hingga mengenangi seisi pasar Youtefa batas pingul orang dewasa.

Setiap los-los kios dan jualan para pedangan yang di simpan akan tergenang air banjir hingga menelan korban tak heran bisa juga menelan korban jiwa karena arus banjir yang deras bisa menghanyutkan warga sekitar.

Saat banjir dan air tergenang di pasar Youtefa aktivitas pasar akan lumpuh total sehingga pedangang yang datang akan berjualan di pingir jalan raya. Pada saat air mulai surut bekas banjir akan meninggalkan sisi kayu, sampah plastik dan rumah tangga serta lumpur yang tergenang di pasar Youtefa di setiap jalan utama dan selokan serta drainase pembungan air.

Hal ini terjadi karena dulu saat di bangunnya pasar Youtefa pemkot mungkin tidak melihat tempat ini sebagai daerah resapan air kiriman dari Kotaraja, jalan baru dan skyline dan tanpa memperhitungkan IMB sehingga setiap kali hujan pasti pasar ini akan terus di genangi air hujan kiriman yang muaranya ke kali Acai hingga ke laut melalui pantai Engros.

Sumber : www.nirmeke.com
A g u z  | Fhotograph

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: