Menakjudkan, Atraksi Festival Budaya di Wamena

Jayapura, nirmeke.com – Festival Budaya Lembah Balim (FBLB) Wamena kabupaten Jayawijaya. FBLB ke-27 akan digelar di Kabupaten Jayawijaya, Papua melibatkan 40 distrik dengan menampilkan beragam atraksi seni dan budaya suku Dani.

Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) telah diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya sejak 1989. Ini adalah tahun ke-27 festival budaya tertua di Indonesia tersebut digelar.

FBLB ke-27 biasanya digelar di Kabupaten Jayawijaya, Papua pada 8-11 Agustus. Festival ini melibatkan 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya dengan menampilkan beragam atraksi seni dan budaya khas masyarakat Hubula (Suku Dani).

Wisatawan bisa menonton karapan babi, lomba permainan alat musik Pikon, lempar sege, hingga atraksi utama yakni tari perang-perangan. Ini merupakan aksi teatrikal yang menceritakan sejarah perjalanan Suku Hubula di masa lalu.

Dalam area festival, wisatawan bisa melihat dan membeli produk-produk lokal khas Kabupaten Jayawijaya. Mulai dari tas anyaman yang disebut noken, buah merah, serta aksesori buatan tangan lainnya.

Lembah Baliem itu sendiri menjadi spot foto yang sangat ciamik. Lembah ini dikelilingi Pegunungan Jayawijaya, dan menyuguhkan lanskap yang indah. Tak heran tiap tahunnya, Festival Budaya Lembah Baliem menjadi tujuan fotografer dari berbagai belahan dunia.

 

Fhoto-fhoto kegiatan Festival di Wamena;

captoins dan fhotograph : Aguz Pabika

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: